Pages

Saturday, March 27, 2010

Garuda Wisnu Kencana (GWK)


GWKGaruda Wisnu kencana” sering di sebut juga “Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana”, kalau paman aku yang di amrik sana nyebutnya “Garuda Wisnu Kencana Cultural Park “.
Lokasinya terletak di Kabupaten Badung Nusa Dua kurang lebih 40-50 kilometer dari kota Denpasar tepatnya berlokasi di di Bukit Unggasan – Jimbaran.
Walapun Taman Budaya GWK belum 100% jadi, tetapi taman budaya ini sudah terlihat keindahannya. Dari cerita yang aku dapat di areal taman budaya GWK akan di bangun sebuah patung Dewa Wisnu yang sedang menunggangi Burung Garuda, yang berukuran raksasa yang tigginya masih sedikit simpang siur ada yang bilang sampai 75 meter ada juga yang bilang 22 meter, aku sendiri belum sempet ngukur, besok deh kapan-kapan kalau lagi gak ada kerjaan aku ukurin deh tuh Patung  :lol: . Yang pasti tinggi patung Dewa Wisnu ini akan mengalahkan tinggi patung Liberty…wooow..!!

Patung tersebut katanya akan di jadikan sebagai Maskot atau Ikon Kepariwisataan Provinsi Bali.
Patung Dewa Wisnu yang sedang menunggangi Burung Garuda, dikerjakan oleh Bapak I Nyoman Nuarta. Patung GWK diambil dari kisah dramatis Tokoh Rahwana.
Dewa Wisnu sendiri adalah Dewa pemelihara alam semesta dan tokoh garuda sendiri bercerita tentang kepahlawanan seekor burung dan melambangkan kebebasan juga pengabdian tanpa pamrih, …cerita dramatis yang sangat heroic…jadi patung ini di jadikan symbol keselamataan Dunia.
Patung GWK karena terletak di dataran tinggi pegunungan kapur, dan didukung tigginya sang Patung maka patung tersebut bisa terlihat sampai radius yang sangat jauh, sekitaran Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot.
Taman Budaya GWK menjadi gerbang seni dan budaya di daerah Pulau Dewata Bali, taman budaya GWK sering di jadikan tempat pertunjukan event-event sendra tari dan kegiatan budaya, juga pertunjukan musik modern, fashion show dan masih banyak lagi, dari semua itu Taman Budaya GWK juga bisa di bilang perpaduan antara Tradisi Kuno dan Modern, yang menunjukan bahwa Pulau Dewata Bali memang terbuka atas perkembangan Budaya, dan tetap menjaga, melestarikan, memperkenalkan kebuadayan kuno, kebudayaan nenek moyang.
Aku sendiri sudah bebrapa kali datang ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, saat itu aku dapet proyek untuk mendesain kartu undangan pernikahan, aku dapat info dari teman juga, yang bilang bahwa GWK bagus untuk pengambilan gambar atau pemotretan Pre wedding. Ternyata memang benar, disana banyak sekali tempat-tempat exotic yang sangat natural, tebing-tibing padas batu kapur yang kokoh, kelihatan seperti pilar-pilar saat masuk dalam istana jaman dulu. Walaupun suhu disana sangat panas pada siang hari, tetapi menjadi lebih indah saat matahari mulai terbenam…”romatiiiissss…buanget…bawaan nya pengen pacaran lagi…  :oops:
Di Taman Budaya GWK ternyata juga terdapat lokasi kunjungan Sipiritual “Parahyangan Somaka Giri” sebuah mata air yang di yakini penduduk sekitar sangat “keramat”. Keberadaan mata air di puncak bukit kapur padas ini memang merupakan sebuah keajaiban dan belum dapat dijelaskan secara ilmiah, sehingga menjadikannya tempat kunjungan spiritual dan sering juga di jadikan tempat meditasi.
Air yang mengalir dari mata air tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan dipergunakan oleh penduduk setempat dalam upacara permemohon hujan agar mendapatkan panen yang melimpah. Bila melihat lokasi Mata Air Parahyangan Somaka Giri dapat menggugah naluri seseorang dalam mencari pencerahan pikiran, lahir dan batin, bawaannya pengen meditasi.
Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana termasuk tempat yang banyak dikunjungi wisatawan manca maupun domestik, jadi kalau kamu liburan ke Bali jangan lupa kunjungi juga Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, daripada nanti kepikiran sampai gak bisa tidur, rugi loh kalau kamu sudah jauh-jauh ke Bali, gak mampir ke GWK, ikon wisatanya Pulau Bali. Tempat ini bagus banget buat photo-photo, dan yang perlu diingat Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana banyak tempat buat ngerayu calon “sweet heart” kamu dan bisa langsung nyataiin cinta kamu …”Baby..! cintaku padamu sebesar Patung Garuda Wisnu Kencana, dan sekuat batu Cadas Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana”… pasti deh target tembak kamu langsung terkapar klo kamu tembak dengan kata-kata tadi…”good luck guys…!!:mrgreen:

0 komentar:

Post a Comment